Asuransi mobil merupakan produk yang biasanya berharga mahal — dan biasanya menjadi sebuah tambahan yang tak terhindarkan bagi siapa saja yang baru membeli mobil baru. Ada beberapa alasan yang menyebabkan biaya pertanggungan asuransi mobil sangat mahal, seperti usia dan tempat tinggal Anda. Namun, faktor-faktor lain masih berada dalam kendali Anda. Membuat pilihan yang tepat akan dapat membantu Anda untuk berhemat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menurunkan biaya asuransi mobil Anda:

Tips Menurunkan Premi Asuransi Mobil

Banyak dari tips-tips berikut ini membutuhkan banyak waktu dan usaha. Tapi, segala usaha Anda akan terbayar dengan premi tahunan yang lebih rendah untuk tahun-tahun mendatang.

1. Carilah Asuransi dengan Diskon Bundling

Anda dapat menghemat uang dengan membeli asuransi mobil dari perusahaan yang mengijinkan Anda untuk memiliki jenis asuransi lain, seperti asuransi rumah misalnya. Anda mungkin juga dapat menggabungkan asuransi mobil Anda dengan asuransi lainnya, jika memang perusahaan asuransi Anda menawarkan keduanya dalam paket bundling. 

Produk-produk asuransi yang tersedia ini biasanya bervariasi tergantung dari kebijakan penyedia asuransinya. Akan tetapi, diskon asuransi bundling ini sering disebut sebagai diskon multi-policy(kebijakan), multi-produk, atau multi-line. 

Jumlah dari besaran premi asuransi yang dapat Anda hemat akan bergantung pada lokasi dan kebijakan perusahaan asuransi Anda. Ada beberapa perusahaan bahkan berani memberikan diskon hingga 25%.

2. Pasanglah Perangkat Anti-Maling

Tergantung pada perusahaan asuransi Anda, memasang alarm mobil akan dapat menghemat uang Anda tergantung pada perusahaan asuransi Anda. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan diskon hingga 25% untuk memasang perangkat anti-pencurian tersebut. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan alat keamanan ini, namun banyak juga yang tidak.

Jika Anda berencana untuk membelinya sendiri, harap berhati-hati pada saat melakukan pemilihan dan pembelian peralatan tersebut.

Pemasangan perangkat keamanan ini akan berguna untuk menjaga mobil Anda tetap aman. Jadi, meskipun Anda tidak memiliki asuransi mobil yang lebih komprehensif, Anda masih berasa aman dan lebih tenang.

3. Tingkatkan Deductible Anda

Pengurangan asuransi mobil Anda adalah jumlah yang Anda bayarkan sendiri sebelum perusahaan asuransi menanggung biaya klaim yang tersisa.

Cakupan komprehensif dan tabrakan adalah dua cakupan asuransi mobil paling umum yang mencakup deductible. Cakupan tabrakan melindungi terhadap kerugian yang terkait dengan tabrakan dengan objek lainnya. Dan cakupan yang komprehensif melindungi terhadap pencurian mobil dan kerusakan dari cuaca buruk, kebakaran, vandalisme, benda jatuh atau tabrakan dengan hewan liar.

Di beberapa wilayah negara, Anda mungkin juga perlu menambahkan deductible untuk perlindungan cedera pribadi atau kerusakan properti pengendara yang tidak diasuransikan/diasuransikan.

Aturan praktis yang baik adalah memilih jumlah pengurangan terbesar yang dapat Anda bayar dengan lebih nyaman. Semakin besar jumlah yang Anda pilih, semakin rendah premi yang akan Anda bayarkan.

Anda bisa mengubah tingkat deductible dengan cara menelepon ke perusahaan asuransi atau agen Anda. Jika Anda mengubah deductible dan ternyata nilainya justru terlalu tinggi untuk anggaran Anda, silahkan ubah kembali nilainya sesuai dengan keinginan.

4. Pertimbangkan Asuransi Berbasis Penggunaan

Sejak munculnya telematika yang diartikan sebagai sebuah teknologi yang memungkinkan perusahaan asuransi mobil menetapkan kebijakan harga berdasarkan seberapa banyak kerugian dan seberapa baik seseorang mengemudi — sebagian perusahaan penyedia asuransi terkemuka telah mengadopsi program asuransi berbasis penggunaan sebagai alternatif kebijakan konvensional.

Apabila polis asuransi mobil tradisional bisa diklaim oleh pengguna berdasarkan perkiraan jumlah kilometer yang akan Anda lalui, teknologi telematika ini justru menggunakan catatan kebiasaan mengemudi Anda yang sebenarnya untuk menentukan seberapa besar komponen premi yang pas untuk Anda.

Beberapa program juga akan mendata dan merekap kualitas mengemudi Anda. Misalnya saja, dengan melihat seberapa cepat Anda biasanya mengemudi, lembut tidaknya aksi Anda ketika mempercepat dan mengurangi kecepatan. Program ini kemudian aka memasukkan data tersebut ke dalam premium Anda sebagai penentu besaran premi yang harus Anda bayarkan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.