Sebelum mulai membeli produk asuransi, tentu saja hal yang harus Anda pertimbangkan adalah harga. Kita memerlukan sebuah estimasi biaya asuransi untuk bisa mengetahui berapa besaran premi yang akan kita bayar nanti. 

Estimasi biaya asuransi, atau yang juga disebut sebagai insurance quotes adalah perkiraan harga yang akan dibayar seseorang untuk pertanggungan asuransi mobil. Quotes atau estimasi ini akan dihitung berdasarkan riwayat mengemudi pengendara, usia, jenis kelamin, lokasi, jumlah kilometer yang sudah mereka lewati, dan kondisi kendaraan mereka. 

Berikut akan kami bahas beberapa cara mendapatkan penawaran asuransi mobil secara online, melalui telepon, atau secara langsung dari agen asuransi mobil. Mari kita ketahui dulu apa yang dimaksud dengan insurance quotes.

Pengertian Insurance Quotes (Estimasi Biaya Asuransi)

Insurance quotes adalah perkiraan biaya yang disediakan oleh perusahaan asuransi mobil. Perkiraan biaya ini akan memberitahu seseorang tentang nominal premi yang harus mereka bayar bulanan untuk cakupan asuransi mobil yang dipilih. 

Untuk itu, dapatkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi mobil terbaik untuk mendapatkan harga yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda.

Apa Pentingnya Penawaran Asuransi Mobil?

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga dari asuransi mobil berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan asuransinya. Beberapa perusahaan asuransi mobil mengharuskan pembayaran yang lebih mahal untuk pengendara tertentu daripada yang lain. 

Maka dari itu, mendapatkan estimasi biaya asuransi bisa membantu pengendara untuk memastikan mereka membayar harga yang paling terjangkau untuk cakupan yang lebih komprehensif.

Apa yang Perlu Diketahui tentang Insurance Quotes

Perusahaan asuransi yang berbeda juga memiliki proses yang berbeda bagi pelanggannya untuk bisa mendapatkan penawaran asuransi mobil. Beberapa mengizinkan pengemudi untuk mendapatkan penawaran online dan yang lain memerlukan hubungan langsung dengan melakukan panggilan telepon ke agen asuransinya. 

Memberikan perincian pribadi kepada perusahaan asuransi penting untuk mendapatkan penawaran yang akurat karena banyak faktor berbeda dapat mempengaruhi biaya asuransi mobil. 

Hal ini juga penting untuk dilakukan agar Anda memiliki perkiraan kasar tentang berapa biaya asuransi sehingga Anda dapat membandingkan penawaran dan melihat bagaimana harga asuransinya dibandingkan dengan harga rata-rata.

Faktor-faktor Apa yang Mempengaruhi Harga Premi Asuransi Mobil Anda?

Penanggung mempertimbangkan beberapa faktor utama saat menetapkan harga asuransi mobil Anda. Saat mendapatkan penawaran asuransi mobil, penting bagi pengendara untuk menyadari bahwa biaya yang mereka bayar ditentukan oleh beberapa kriteria berikut.

1. Lokasi Dimana Anda Tinggal

Asuransi mobil biasanya akan lebih mahal di beberapa di wilayah tertentu daripada di wilayah yang lain. Misalnya, kota-kota kecil seperti Kediri atau Cirebon memiliki beberapa asuransi dengan biaya yang lebih terjangkau daripada di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Meskipun pengemudi tidak dapat berbuat banyak tentang tempat tinggal mereka, penting untuk menyadari bahwa pengendara di daerah dengan risiko kecelakaan lebih tinggi akan diharuskan untuk membayar lebih.

2. Detail Informasi tentang Anda

Perusahaan asuransi seringkali menanyakan hal yang personal seperti usia, jenis kelamin, dan status perkawinan untuk melihat seberapa besar kemungkinan seseorang mengajukan klaim. 

Penanggung mengumpulkan data rinci tentang kecelakaan menurut usia dan jenis kelamin untuk memahami risiko dari calon pemilik asuransi tersebut. 

Beberapa orang seperti pengemudi yang lebih muda dan pengemudi wanita dianggap sebagai lebih beresiko. Maka dari itu, mereka juga cenderung mendapatkan penawaran asuransi mobil yang lebih tinggi, karena perusahaan percaya bahwa mereka lebih berisiko untuk diasuransikan.

3. Status Perkawinan

Pengemudi yang sudah menikah sering dianggap berperilaku lebih aman. Penanggung juga memandang orang yang sudah menikah lebih stabil secara finansial daripada yang lajang. 

Akibatnya, pengemudi yang sudah menikah dapat mengharapkan untuk mendapatkan penawaran asuransi mobil yang lebih murah daripada mereka yang masih lajang.

4. Status Kepemilikan Rumah 

Kepemilikan rumah terkadang dapat mengurangi biaya asuransi mobil. Penanggung mungkin melihat pemilik rumah lebih stabil secara finansial dan lebih menghindari risiko, yang dapat menghasilkan premi yang lebih rendah. 

Pemilik rumah juga memiliki kesempatan untuk menggabungkan cakupan, kemudian membeli rumah dan asuransi mobil bersama-sama. Hal ini dapat menghasilkan diskon yang bisa mengurangi premi polis yang berlaku.

5. Tingkat Pendidikan

Pengemudi dengan pendidikan lebih sering ditawari premi yang lebih rendah saat mendapatkan penawaran asuransi mobil. Tingkat pendidikan juga berkorelasi dengan tingkat risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.